Cara Daftar Dan Panduan-panduan penggunaan BNI internet Banking

Posted on

BNI internet banking merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Bank BNI kepada seluruh nasabah. Bank BNI adalah salah satu bank besar di Indonesia, yang memiliki banyak nasabah dan memberikan banyak pelayanan yang membantu masyarakat. BNI merupakan bank yang didirikan dan diurus oleh pemerintah, sehingga pelayanannya terjamin, selain itu bank BNI juga memiliki kantor di luar negeri seperti Singapura, Tokyo, Hongkong, New york, dan London.

Sehingga kompetensi dan kredibilitas dari bank BNI tidak perlu diragukan lagi. Sekarang bank BNI memiliiki fasilitas BNI internet banking, yang pastinya akan memudahkan transaksi-transaksi yang dilakukan seperti dapat diakses dengan mudah melalui PC/laptop ataupun smartphone, transaksi transfer dana lebih mudah, dan lain-lain.

Panduan-panduan penggunaan BNI internet Banking

Pada kesempatan ini, alwib.net akan membantu Anda mempelajari cara mendaftar, cara transfer, cara beli pulsa dan cara membayar tagihan melalui fasilitas ini.

bni internet banking_1

Cara mendaftar BNI internet banking

Ada 2 cara mendaftar internet banking BNI yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Daftar melalui Customer Service bank BNI

Untuk mendaftar BNI internet banking, Anda dapat melakukan pendaftaran melalui kantor cabang BNi yang ada di daerah Anda. Persyaratan yang diharuskan adalah buku tabungan BNI, kartu Tanda Penduduk (KTP), nomor telepon yang aktif dan alamat email yang valid. Untuk langkah-langkah pendaftarannya, akan ada customer service yang membantu Anda sesuai dengan prosedur yang ditetapkan bank BNI.

Jika proses pendaftaran sudah berjalan, akan diberikan PIN untuk verifikasi yang ada dalam aplikasi BNI M-secure, atau juga Anda bisa mendapat token juga menggunakan sistem otorisasi BNI e-secure, dan kemudian Anda akan diberikan struk berisi ID pengguna sebagai langkah selanjutnya untuk aktivasi melalui situs resmi BNI.

2. Daftar melalui ATM BNI

Jika Anda tidak bisa ke kantor cabang, Anda juga dapat mengunjungi ATM BNI yang sudah tersebar luar di seluruh Indonesia. Langkah-langkah pendaftarannya :

  • Masukan Kartu ATM
  • Ketikan pin
  • Terdapat beberapa pilihan, pilihlah menu ‘BNI internet banking

bni internet banking_2

  • Anda akan mendapat struk berisi kode aplikasi BNI internet banking

Setelah Anda mendapat struk ID pengguna ataupun  struk kode aplikasi, Anda dapat melanjutkan langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi bni.co.id yang merupakan website resmi Bank BNI
  • Pilih menu ‘E-Banking’
  • Pilih menu ‘personal login’
  • Lakukan klik pada ‘klik disini’, Anda dapat diarahkan pada halaman proses aktivasi yang juga memiliki bantuan untuk pergantian password yang baru.
  • Masukan ID pengguna dan password yang didapatkan dari proses pendaftaran sebelumnya.
  • Anda akan mendapat kode verifikasi melalui SMS di nomor smartphone yang sudah didaftarkan sebelumnya, kode ini berjenis OTP atau one time password, ketikan OTP tersebut pada device yang Anda gunakan untuk mengakses website
  • Ketik password Baru 2 kali
  • Klik ‘proses’, dan akun internet banking Anda sudah dapat digunakan

Fitur BNI internet banking

1. Cara transfer

Fitur yang dimiliki BNI internet banking sangat banyak, salah satunya adalah Transfer dimana saja tanpa harus ke ATM, berikut ini beberapa langkahnya:

bni internet banking_3

  1. Lakukan Login ID pengguna yang sudah didaftarkan pada situs bni.co.id dengan memasukan ID pengguna, password, dan karakter captcha yang diberikan oleh situs BNI
  2. Saat Anda sudah masuk sebagai pengguna internet banking, pilih tab bagian transaksi dan pada kolom-kolom yang tersedia pilih bagian ‘info&administrasi transfer’, lalu Anda akan diarahkan ke bagian atur rekening tujuan
  3. Pada bagian pilihan, Anda klik dan pilih tambah rekening tujuan, lalu klik ‘OK’
  4. Lalu masukan nama singkat sesuai nama yang Anda inginkan, pilih kode network&bank berdasarkan tujuan transfer yang Anda inginkan. Jika Anda ingin transfer ke sesaama rekening BNI pilih ‘transfer antar rekening BNI’ dan jika Anda ingin transfer ke rekening bank lain pilih ‘transfer online antar bank’.
  5. Isi nomor rekening tujuan dan klik lanjut
  6. Saat kolom lanjut sudah diklik, akan diberi verifikasi berisi inisial pada kolom penerima dan Anda harus memastikan dengan seksama jika nama inisial tersebut sudah tepat agar tidak melakukan kesalahan pengiriman, jika sudah benar, klik ‘lanjutkan’ di bagian kolom bawah.
  7. Transaksi Anda akan diproses oleh bank BNI sesuai dengan input yang sudah diketik.

2. Cara membeli pulsa

bni internet banking_beli pulsa

Selain itu fitur yang terdapat di BNI internet banking adalah pembelian pulsa melalui internet banking, fitur ini tidak akan dikenakan biaya administrasi sehingga Anda membayar sesuai nominal pulsa, sebenarnya untuk pengisian pulsa ini BNI juga memberikan cara lain seperti melalui ATM, BNI SMS banking, ataupun mobile banking. Tetapi di kesempatan ini, alwib.net akan memberikan panduan untuk pengisian pulsa melalui Internet banking, langkah-langkahnya adalah:

  1. Masuk ke website ibank.bni.co.id yang merupakan website resmi dari internet banking BNI
  2. Pilih bagian kolom pembelian
  3. Pilih voucher prabayar
  4. Pilih operator apa yang Anda gunakan atau mau Anda isi
  5. Pilih rekening debet, isi nominal yang diinginkan, dan nomor telepon yang akan diisi
  6. Masukan kode challenge yang diberikan pada BNI e-secure
  7. Nomor yang ada, Anda masukan pada kode otentifikasi
  8. Klik lanjut, dan proses pengisian pulsa melalui BNI internet banking selesai

3. Cara bayar tagihan

Terdapat juga fitur yang selalu digunakan nasabah BNI internet banking yaitu pembayaran tagihan, terdapat beberapa kategori yang dapat dibayar oleh BNI internet banking seperti tiket penerbangangan, top up agen lion air, asuransi, kartu kredit, internet, tiket kereta api, dan lain-lain., berikut ini beberapa cara pembayaran tagihan melalui BNI internet banking:

bni internet banking_4

  1. Buka website ibank.bni.co.id dan lakukan login ID pengguna, password, dan masukan captcha yang diberikan
  2. Sesudah masuk, Pilih pada bagian tab transaksi dan terdapat kolom-kolom baru muncul
  3. Pilih bagian pembayaran tagihan
  4. Pada bagian opsi, pilih kategori yang Anda ingin bayar, pada bagian ini kami akan memberikan contoh pembayaran indihome, maka pilih internet
  5. Pada bagian nama produk pilih speedy, masukan nnomor internet yang nantinya akan muncul sejumlah tagihan.
  6. Masukan kode BNI e-secure challenge pada e-secure response
  7. Akan diberikan pemberitahuan pembayaran berhasil yang berisi tanggal dan waktu transaksi, julah pembayaran, biaya admin dan lain-lain.

Selain itu permasalah utama yang biasa dihadapi oleh nasabah BNI internet banking adalah lupa password pengguna yang dapat Anda hadapi dengan registrasi ulang pada ATM terdekat ataupun menghubungi CS dari BNI pada nomor 1500046, responnya cepat dan pelayanannya juga ramah. Selain itu pastikan agar koneksi internet yang digunakan saat transaksi dapat lancar, agar tidak terjadi masalah atau kekhawatiran dari para nasabah. Bagian BNI sendiri akan membatalkan transaksi jika koneksi tiba-tiba putus sebagai bentuk antisipasi bila terjadi kesalahan input pada transaksi, kami juga menyarankan agar Anda melakukan login kembali 10 menit setelah koneksi internet benar-benar pulih.

Itulah beberapa tips dari alwib.net mengenai penggunaan dari BNI internet banking. Fasilitas yang diberikan BNI ini dapat Anda gunakan asalkan sudah mempunyai dan mendaftar rekening BNI sebelumnya. Selain itu fasilitas ini akan sangat berguna bagi Anda yang sibuk dan tidak ada waktu untuk pergi ke ATM ataupun kantor cabang BNI.

Cara Daftar Dan Panduan-panduan penggunaan BNI internet Banking

5.0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *