Skip to main content

Inilah Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil Muda Yang Perlu Anda Penuhi

Dalam masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang cukup supaya kebutuhan janin akan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik. Dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya di dalam kandungan janin memang perlu zat gizi yang komplit dan cukup, dengan begitu maka janin bisa tumbuh dan berkembang maksimal. Lalu asupan gizi apa saja yang diperlukan ibu hamil? Berikut adalah asupan gizi untuk ibu hamil muda :

  1. Protein

Di awal masa kehamilan, protein merupakan asupan gizi yang sangat penting. Sebab pembentukan jaringan pada tubuh janin membutuhkan asupan protein yang tinggi. Jika asupan protein ini terpenuhi dengan baik maka proses pembentukan janin akan sempurna.

Kebutuhan protein ini sebenarnya sudah diperlukan ketika proses pembentukan sel menjadi embrio. Karena itu, bagi pasangan suami istri yang hendak memiliki anak sebaiknya penuhi asupan protein tinggi dengan baik. Sehingga pembentukan janin bisa lebih maksimal.

Protein dapat Anda peroleh dari sumber makanan seperti telur, daging, ikan, susu, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

  1. Vitamin dan Mineral

Selain protein, asupan gizi untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah vitamin serta mineral. Asupan gizi ini bisa diperoleh dari sumber makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Vitamin dan mineral juga diperlukan ibu hamil guna perkembangan janin, jadi jangan sepelekan kebutuhan janin akan vitamin serta mineral.

Sayuran dan buah-buahan yang bisa ibu hamil konsumsi seperti kubis, wortel, jagung, kol, brokoli, bayam, kangkung, melon, semangka, alpukat, mangga, jeruk, dan masih banyak lagi lainnya. Sebaiknya konsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari supaya kebutuhan akan vitamin serta mineral dapat terpenuhi dengan baik.

Pilihlah sayuran serta buah-buahan yang masih segar, karena kandungan gizinya juga masih baik dan tidak rusak. Hindari juga memasak sayuran terlalu lama, karena memasak yang terlalu lama ini justru akan menghilangkan kandungan gizi dari sayuran itu sendiri.

Untuk mengonsumsi buah-buahan Anda bisa memakannya langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi puding, jus, cake, dan lain sebagainya.

  1. Kalsium

Kalsium adalah asupan gizi yang diperlukan janin dalam pembentukan tulangnya. Pembentukan tulang pada janin dibutuhkan kalsium yang cukup. Kalsium ini juga mampu membuat tulang janin menjadi kuat. Lalu sumber makanan apa yang bisa memenuhi kebutuhan kehamilan akan kalsium?

Sumber makanan yang kaya sekali akan kalsium seperti susu, daging, telur, keju, dan sebagainya. Maka penuhilah kebutuhan kalsium harian Anda dan kandungan, karena kalsium ini sangat dibutuhkan dan sangat penting adanya.

  1. Zat Besi

Dalam perkembangannya di dalam kandungan, zat besi sangat diperlukan agar pembentukan janin bisa maksimal. Zat besi dapat diperoleh dari ikan, daging, susu, telur, dan masih banyak lagi sumber makanan lainnya. Makanlah sumber makanan yang banyak mengandung zat besi agar pembentukan janin bisa sempurna.

Dari sekian banyak asupan gizi untuk ibu hamil muda tersebut sebaiknya dipenuhi setiap hari agar kebutuhan janin terpenuhi. Dengan begitu maka janin akan tumbuh dan berkembang dengan baik serta maksimal. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat setiap harinya karena makanan sehat akan menentukan si janin kelak.

Itulah beberapa asupan gizi untuk ibu hamil muda yang bisa Anda ketahui sehingga dapat dijadikan sebagai referensi. Semoga informasi mengenai asupan gizi untuk ibu hamil muda tersebut bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa penuhi asupan gizi tersebut ya ibu.

One thought on “Inilah Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil Muda Yang Perlu Anda Penuhi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *