Apa Itu Suara Fals? Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

Posted on

Alwib.net – Apa itu suara fals? Mungkin sobat sudah sering mendengarnya dan bertanya-tanya apa itu suara fals? Apa sih pengertiannya, bagaimana ciri-ciri  suara fals dan cara mengatasinya.

Suara fals adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kualitas suara seseorang yang sumbang atau tidak tepat nada saat bernyanyi. Suara fals sering dikeluhkan oleh para penyanyi karena dapat mengganggu penampilan mereka.

Apa Itu Suara Fals? Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Suara Fals?
Apa Itu Suara Fals?

Secara umum, suara fals didefinisikan sebagai suara yang mengalami kesulitan dalam mencapai nada dasar dan terdengar sumbang atau tidak harmonis saat bernyanyi. Suara fals disebabkan oleh ketidakmampuan kontrol otot dan sistem saraf yang berperan dalam produksi suara untuk menghasilkan getaran pita suara pada frekuensi nada yang tepat.

Suara fals berbeda dengan suara yang serak ataupun terlalu keras. Serak terjadi karena iritasi atau peradangan pada pita suara, sementara suara keras terjadi karena tekanan udara yang berlebihan saat bernyanyi sehingga pita suara terlalu dipaksakan.

Seseorang dengan suara fals akan kesulitan untuk bernyanyi dengan tepat nada karena frekuensi getar pita suaranya tidak sesuai dengan partitur nada lagu, meskipun secara fisik pita suara terlihat normal dan sehat.

Ciri-Ciri Suara Fals

Berikut adalah ciri-ciri utama suara fals:

  • Terdengar nada yang tidak tepat atau sumbang saat bernyanyi
  • Kesulitan untuk mengendalikan nada dan irama lagu dengan baik
  • Sering terdengar nada yang terlalu tinggi atau terlalu rendah
  • Nada bernyanyi tidak stabil, cenderung naik-turun dengan tiba-tiba
  • Jarak nada rendah ke tinggi atau sebaliknya terdengar tidak rata

Ciri lain suara fals antara lain adalah nada bernyanyi yang tidak bisa diandalkan dan rentan lepas kendali, sehingga penyanyi kesulitan untuk menyesuaikan dengan iringan nada musik atau harmonisasi paduan suara.

Cara Mengetahui Suara Fals 

Mempelajari cara mengetahui suara fals dapat membantu seseorang dalam menilai kualitas vokal seseorang. Ada beberapa tanda-tanda yang dapat diperhatikan seperti nada yang terlalu rendah atau tinggi, intonasi yang tidak tepat, penekanan yang salah pada kata-kata, dan kecepatan bernyanyi yang tidak sesuai dengan irama musik.

Selain itu, dapat juga diperhatikan dari teknik bernyanyi yang digunakan, seperti napas yang kurang teratur atau kurang kuat, dan vibrato yang tidak stabil. Dengan memahami tanda-tanda tersebut, seseorang dapat lebih mudah membedakan antara suara yang asli dan suara yang tidak asli atau fals.

Contoh Suara Fals

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus suara fals:

1. Nada melengking tiba-tiba saat bernyanyi

Salah satu ciri khas suara fals adalah nada yang tiba-tiba melengking atau meleset jauh lebih tinggi dari nada seharusnya di tengah lagu. Hal ini bisa terjadi pada vokalis amatir hingga profesional.

Penyanyi mendadak kesulitan mengendalikan perubahan pitch yang terlalu ekstrim dan nada melengking tidak terkontrol, padahal sebelumnya baik-baik saja. Ini menandakan otot dan saraf pengatur getaran pita suara tidak bekerja secara akurat dalam mencapai nada tertentu.

2. Sering tertukar antara nada tinggi dan rendah

Ciri lain suara fals adalah kerap tertukar antara nada tinggi dan nada rendah saat bernyanyi. Misalnya saat harusnya menyanyikan nada C, malah terdengar seperti nada G yang lebih tinggi atau sebaliknya.

Hal ini menunjukkan terjadi ketidakstabilan frekuensi getaran pita suara dalam menghasilkan nada-nada tertentu dalam lagu akibat koordinasi otot dan saraf yang tidak akurat pada kondisi apa itu suara fals.

3. Bernyanyi dengan nada bergetar

Baca Juga:
Apa Itu PDF dan Fungsinya serta Bagaimana Cara Membukanya?

Beberapa penderita suara fals mengalami getaran atau tremolo pada nada tertentu saat bernyanyi. Misalnya saat mempertahankan nada tinggi, terdengar getaran pada nada seakan-akan terputus-putus tidak stabil.

Getaran nada ini kemungkinan disebabkan otot-otot pengatur tegangan pita suara yang cepat kelelahan akibat kesulitan mencapai frekuensi getar nada tinggi tersebut pada kondisi suara fals.

Itulah tiga contoh kasus yang kerap dialami oleh penyanyi dengan kondisi suara fals ketika bernyanyi. Konsultasikan dengan dokter THT khusus gangguan suara jika hal ini sering Anda alami agar tidak berlarut dan semakin parah.

Penyebab Suara Fals

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya suara fals, antara lain:

1. Gangguan pada pita suara

Beberapa kondisi pita suara yang dapat menyebabkan suara fals adalah:

  • Radang atau iritasi pita suara akibat penggunaan suara yang berlebihan
  • Kista atau benjolan pada pita suara
  • Kelainan bentuk atau posisi pita suara bawaan sejak lahir

2. Gangguan saraf atau otot yang berperan dalam produksi suara

Koordinasi saraf dan otot sangat berpengaruh agar pita suara dapat bergetar pada frekuensi nada yang tepat. Beberapa gangguan otot dan saraf yang dapat menyebabkan suara fals:

  • Kelemahan otot krikotalingoideus yang mengatur tegangan pita suara
  • Gangguan saraf laryngeus yang membuat kontrol pita suara tidak akurat
  • Ketidakseimbangan tonus otot intrinsik pita suara

3. Kesalahan teknik olah vokal atau cara bernyanyi

  • Teknik bernapas yang tidak benar saat menyanyikan nada tinggi
  • Terlalu banyak tekanan udara yang dipaksakan ke pita suara
  • Posisi tenggorokan, leher, dan rahang yang kurang tepat saat bernyanyi juga bisa memicu suara fals

4. Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi membuat lendir di tenggorokan dan pita suara menjadi kental sehingga mempengaruhi getaran pita suara. Hal ini rentan memicu suara tidak stabil atau fals.

5. Infeksi THT

Infeksi pada tenggorokan, hidung, maupun telinga dapat memengaruhi produksi suara. Misalnya amigdalitis, sinusitis, atau otitis media. Peradangan pada area-area ini membuat kontrol suara menjadi tidak akurat.

Itulah beberapa penyebab umum terjadinya suara fals. Apa itu suara fals sebenarnya bukan kondisi abnormal pita suara, namun lebih kepada ketidakharmonisan kontrol saraf dan otot saat memproduksi nada suara tertentu dalam bernyanyi.

Dampak Jangka Panjang Suara Fals

Jika suara fals tidak segera diatasi, kondisi ini berpotensi menimbulkan dampak jangka panjang bagi kesehatan suara, antara lain:

1. Sakit tenggorokan kronis

Suara fals yang berlarut-larut bisa memicu iritasi berulang pada pita suara dan tenggorokan. Lama kelamaan, initasi ini menjadi peradangan kronis yang membuat tenggorokan mudah lelah, gatal, atau sakit setiap kali digunakan bicara atau menyanyi.

2. Timbulnya benjolan atau kista pada pita suara

Iritasi kronis pada pita suara rentan menyebabkan pertumbuhan benjolan atau kista. Sel-sel abnormal ini dapat semakin memperparah kondisi suara fals jika mengganggu getaran pita suara.

3.Kelelahan otot leher dan pita suara

Upaya keras untuk memaksakan kontrol nada pada kondisi suara fals yang tidak terkontrol dapat cepat memicu kelelahan otot leher dan pita suara. Ini bisa memperpendek waktu aman penggunaan suara.

4. Berkurangnya jangkauan nada suara

Lama kelamaan, apa itu suara fals yang tidak ditangani bisa menurunkan batas nada terendah hingga tertinggi yang mampu dihasilkan oleh seorang penyanyi. Jangkauan nada menyempit dan bernyanyi jadi terasa lebih berat.

Mengatasi suara fals sedini mungkin sangat penting agar tidak berisiko menimbulkan dampak permanen pada suara dan karir menyanyi seseorang.

Cara Mengatasi Suara Fals

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi suara fals antara lain:

1. Minum air putih yang cukup

Air putih dapat melegakan tenggorokan dan membuat lendir tidak terlalu kental. Ini membantu mengurangi iritasi pada pita suara yang memengaruhi kontrol nada. Minum air putih juga mencegah dehidrasi yang kerap memicu apa itu suara fals.

2. Istirahatkan suara jika serak atau lelah

Jangan memaksakan suara untuk bernyanyi jika sedang serak atau lelah karena ini akan memperparah iritasi. Beri waktu untuk pita suara pulih agar kondisi fals tidak memburuk.

Baca Juga:
Cara Membuka Wifi yang Disembunyikan: Panduan Lengkap

3. Olah vokal dengan teknik bernyanyi yang benar

Teknik bernapas diafragma dan kontrol otot leher yang baik sangat penting agar pita suara tidak terbebani saat menyanyikan nada tertentu. Konsultasikan teknik bernyanyi Anda dengan pelatih vokal profesional.

4. Kompres leher dengan air hangat

Kompres dengan air hangat atau hangat-hangat kuku bisa merilekskan otot leher dan larynx sehingga kontrol nada menjadi lebih baik.

5. Beri stimulasi pada daerah leher dan rahang

Pijat atau stimulasi dengan minyak esensial di area leher bisa mengurangi ketegangan otot yang mungkin mengganggu kontrol suara.

6. Berkumur air garam hangat

Berkumur dengan larutan garam dapur dan air hangat secara rutin dapat membersihkan lendir berlebih di tenggorokan akibat iritasi kronis pada kondisi suara fals.

7. Konsumsi madu

Madu bisa melapisi dan melindungi tenggorokan dari iritasi berulang akibat suara fals. Beberapa tetes madu dapat diminum langsung atau diencerkan dengan air hangat.

8. Obat bebas atau obat dari dokter

Beberapa obat seperti demam, antinflamasi, atau kortikosteroid dapat meredakan radang tenggorokan pasca penggunaan suara berlebihan pada kondisi fals. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Kapan Harus ke Dokter

Segera ke dokter jika mengalami gejala suara fals berikut:

1. Serak atau sakit tenggorokan berkepanjangan

Jika kondisi serak atau sakit tenggorokan akibat suara fals tidak kunjung membaik meski Anda sudah mengistirahatkan suara dan melakukan kompres air hangat, segera periksakan ke dokter THT. Anda mungkin memerlukan obat antiinflamasi saluran napas atas atau kortikosteroid oral.

2. Disertai demam tinggi dan kesulitan menelan

Suara fals dengan komplikasi demam tinggi dan kesulitan menelan bisa jadi disebabkan abses atau infeksi bakteri pada tenggorokan akibat trauma berulang karena suara fals. Segera cari pertolongan medis.

3. Timbul benjolan atau rasa sakit di leher yang menetap

Benjolan atau nyeri leher yang persisten kemungkinan besar bukan sekadar karena otot tegang, namun bisa jadi tumor atau kista pita suara. Konsultasikan segera ke dokter THT untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Sering mengalami apa itu suara fals dan kelelahan saat bernyanyi

Jika Anda sering mengalami suara tidak stabil, nada meleset secara tiba-tiba, vocal cord lelah, dan jangkauan nada menyempit saat bernyanyi meski sudah beristirahat cukup, konsultasikan kondisi Anda ke ahli THT khusus gangguan suara.

Pantau terus perkembangan kondisi suara fals Anda. Segera cari bantuan medis jika tidak kunjung membaik atau justru semakin parah. Semoga informasi ini bermanfaat!

Berikut ini adalah beberapa informasi tambahan terkait topik suara fals:

Gejala Suara Fals

Beberapa gejala yang menandakan seseorang mengalami suara fals antara lain:

  • Nada tidak stabil saat bernyanyi, kadang terlalu tinggi dan kadang terlalu rendah
  • Sering terdengar nada yang sumbang atau tidak harmonis saat berusaha menyanyikan nada tertentu
  • Kesulitan mengendalikan perubahan pitch dan irama lagu dengan smooth
  • Jarak interval nada yang dinyanyikan terkadang terlalu rapat dan kadang terlalu jauh

Saran Latihan untuk Mengatasi Suara Fals

Beberapa latihan yang dianjurkan untuk membantu mengatasi suara fals:

  • Latihan pernapasan diafragma untuk meningkatkan kapasitas paru-paru
  • Latihan pengucapan vokal A, I, U, E, O dengan benar dan konsisten
  • Latihan pengendalian nada dengan piano atau harmonika untuk lebih peka terhadap pitch
  • Olah vokal untuk melebarkan jangkauan nada suara agar lebih lentur
  • Rutin melakukan pemanasan dan pendinginan suara sebelum dan sesudah bernyanyi

Vitamin dan Suplemen untuk Kesehatan Suara

Beberapa vitamin dan suplemen yang baik untuk mendukung kesehatan pita suara:

  • Vitamin C dan seng (zinc) untuk meningkatkan imunitas
  • Vitamin A, E, dan antioksidan untuk melindungi sel-sel pita suara
  • Suplemen herbal seperti jahe, kunyit, dan temulawak untuk meredakan radang
  • Madu murni untuk melapisi dan melumas tenggorokan

Semua cara di atas bisa membantu mengatasi apa itu suara fals. Namun tetap periksakan kondisi suara Anda ke dokter, terutama jika tidak kunjung membaik dalam beberapa minggu.

Baca Juga:
Kelinci Anggora, Kelinci Hias Penghasil Wool

Pola Makan untuk Kesehatan Pita Suara

Pola makan yang baik sangat penting bagi kesehatan pita suara, terlebih pada kondisi suara fals. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

1. Hindari makanan pedas, asam, dan berminyak

Makanan dengan rasa ini dapat memicu produksi asam lambung berlebih yang kemudian mengiritasi tenggorokan. Sebaiknya dikonsumsi dalam porsi sedikit jika ingin cepat pulih dari suara fals.

2. Konsumsi buah dan sayur bergizi

Buah dan sayur kaya antioksidan serta zat yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini penting untuk regenerasi sel pita suara pada kondisi apa itu suara fals.

3. Minum air putih hangat dan jus sayuran

Air putih dan jus alami membantu membersihkan lendir di tenggorokan, mencegah dehidrasi, serta menjaga hidrasi sel pita suara. Air hangat dan jus sayuran hijau direkomendasikan.

4. Kurangi produk susu dan produk olahannya

Beberapa penyanyi profesional menghindari susu dan olahannya karena produk ini dapat memperbanyak lendir. Namun, bagi yang tidak masalah bisa tetap mengonsumsinya.

Itulah beberapa rekomendasi pola makan sehat untuk mendukung pemulihan kondisi suara fals. Jangan lupa olah vokal dan istirahat suara yang cukup juga diperlukan.

Tips Kesehatan Suara bagi Penyanyi

Menjaga kesehatan pita suara adalah kunci utama bagi para penyanyi agar dapat tampil prima. Berikut beberapa tipsnya:

1. Jangan memaksakan bernyanyi jika suara sedang serak atau lelah

Bernyanyi dengan kondisi suara yang kurang fit hanya akan memperparah iritasi pada pita suara. Beri waktu untuk istirahat agar suara pulih kembali.

2. Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Zat pada rokok maupun alkohol dapat mengiritasi saluran pernapasan dan pita suara. Ini rentan memicu suara tidak stabil hingga serak pascabernyanyi.

3. Beristirahat yang cukup dan hindari stres berlebihan

Stres dan kurang tidur berpotensi memicu ketegangan pada otot leher dan pita suara yang memengaruhi kontrol nada suara. Kelola stres Anda dan jaga pola tidur teratur.

4. Rutin berolahraga ringan

Olahraga seperti yoga, jogging, dan senam kesegaran jasmani penting untuk meningkatkan sirkulasi darah ke area leher dan kepala. Ini membuat otot leher lebih rileks untuk mendukung kontrol suara.

5. Lakukan latihan pernapasan dan olah vokal

Hal ini wajib dilakukan oleh para penyanyi agar dapat lebih menguasai teknik vokal yang benar dan mencegah apa itu suara fals.

Demikian tips-tips untuk menjaga kesehatan pita suara, terutama bagi Anda yang sering bernyanyi. Semoga bermanfaat!

Kesimpulan

Jadi, sobat sudah jelas ya bahwa suara fals adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam mencapai nada dasar dengan tepat dan terdengar sumbang atau tidak harmonis saat bernyanyi. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan otot dan saraf pengatur suara untuk bergetar pada frekuensi nada yang sesuai.

Ciri-ciri suara fals antara lain nada bernyanyi yang tidak stabil, sering terlalu tinggi atau terlalu rendah dari partitur lagu, hingga rentan berubah tiba-tiba di luar kendali. Penyebabnya bervariasi, dari gangguan pada pita suara, salah teknik bernyanyi, hingga infeksi THT.

Jika dibiarkan, suara fals berpotensi menimbulkan iritasi kronis hingga pertumbuhan benjolan pada pita suara yang bisa memperparah nada sumbang. Mengatasinya bisa dilakukan dengan minum air putih cukup, istirahat suara, teknik olah vokal yang benar, hingga stimulasi otot leher.

Obati suara fals sesegera mungkin sebelum meninggalkan dampak permanen pada kualitas dan jangkauan nada suara. Konsultasikan pada dokter THT khusus gangguan suara jika tidak ada perbaikan. Singkatnya, itulah informasi yang dimaksud dengan apa itu suara fals, mulai dari pengertian, penyebab, gejala, risiko jangka panjang, dan cara menanganinya.

Apa Itu Suara Fals? Pengertian, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *