ALWIB.NET

5 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengatasi Vertigo

Bagikan

Pernahkah kamu mendengar istialh vertigo? Yup, pada zaman sekarang, istilah yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga kita bukan? Tidak lain karena sudah banyak orang yang merasakannya.

Vertigo adalah sebuah kondisi yang mana ketika hal tersebut muncul, maka seseorang akan merasakan pusing yang disertai dengan mual, muntah, kelelahan, dan kehilangan keseimbangan, bahkan terkadang malah sampai tak sadarkan diri.

Dampak setelahnya, biasanya seseorang akan merasa lemah sekali, sehingga tak mampu untuk berdiri.

Tak hanya itu saja, biasanya ia juga akan merasakan pusing yang parah selama beberapa jam setelah serangan vertigo berlangsung.

Nah, untuk gejala-gejala vertigo sendiri bisa bervariasi, mulai dari kehilangan keseimbangan, merasakan tubuh miring ke satu arah, merasa mual, muntah, arah gerakan mata yang tidak normal, telinga berdengung, sampai sakit kepala yang tak karu-karuan.

Adapun dampak penyakit vertigo yang dapat menghilangkan keseimbangan, biasanya adalah karena ada sebuah masalah di dalam telinga bagian dalam, atau bisa juga kerena infeksi virus pada bagian dalam telinga. Yang mana bagian itulah yang memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan tubuh seseorang.

Sebenarnya saat ini sudah banyak obat-obatan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan vertigo. Namun masih memiliki peluang yang kurang sehat karena berasal dari bahan kimia. Yang paling sehat ya dengan menggunakan bahan yang alami.

Tetapi kamu juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apa penyebab vertigo yang kamu alami, supaya mendapatkan resep obat yang tepat.

Mengetahui penyebab penyakitnya, secara otomastis akan membantu kamu untuk menyelesaikan masalah dari akarnya, serta bagaimana solusi untuk meredakannya.

Tanaman Obat Vertigo

Berikut ini beberapa tanaman obat vertigo yang ampuh untuk meredakan vertigo secara alami yang mudah ditemukan di sekitar kamu.

1. Lada dan Lemon

Gejala yang paling dini pada serangan vertigo biasanya adalah sakit kepala, mual dan pusing-pusing. Kalau kamu sedang mengalami beberapa hal ini, dan kamu memang mengetahui kalau kamu memiliki penyakit vertigo. Maka segera buatlah resep obat yang berasal dari campuran merica, ataupun garam yang dimasukan ke dalam jus lemon hangat, kemudian segera untuk diminum supaya efeknya bisa langsung meredakan gejala vertigo.

2. Jahe

Sejak zaman dahulu, tanaman obat jahe memang sudah terbukti khasiatnya yang berguna sebagai obat untuk mengatasi mual dan muntah- muntah. Selain itu, jahe juga sangat efektif untuk mengatasi dan mengobati gejala-gejala vertigo.

Pasalnya kandungan yang dimiliki jahe, dapat meningkatkan aliran darah pada otak, sehingga rasa pusing yang menyerang, ataupun rasa seolah kepala berputar akan hilang dengan segera.

3. Daun Alpukat

Selama ini, mayoritas dari kita hanya memanfaatkan buah alpukatnya saja, tanpa menghiraukan bagian lainnya yang bisa diambil manfaatnya, contohnya seperti daun.

Tahukah kamu? Kalau masyarakat zaman dahulu, justru banyak yang memanfaatkan daun alpukat sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan, baik itu penyakit yang ringan, sampai yang berat seperti halnya vertigo.

Nah, cara untuk mendapatkan manfaat dari khasiat daun alpukat ini mudah kok, yakni dengan cara membuatnya menjadi teh seduh, layaknya teh hijau yang sering kita seduh.

Pertama, jemur terlebih dahulu beberapa lembar daun alpukat yang pastinya sudah dibersihkan. Kemudian, biarkan sampai benar-benar kering terlebih dahulu, baru kemudian kamu bisa menyeduhnya menggunakan air panas.

4. Kulit Manggis

Kandungan yang terdapat dari ekstrak kulit manggis, memiliki antioksidan yang sangat tinggi, serta dapat digunakan pula untuk mengobati penyakit vertigo. Walaupun saat ini sudah banyak obat-obat dari ekstrak kulit manggis yang tersedia di apotik, tapi apa salahnya untuk membuat obat herbal sendiri?

Selain lebih yakin dengan kulitasnya, hal ini juga memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk kamu bukan?

Nah, itulah beberapa tanaman obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit vertigo. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak, simak terus update terbaru kita yah, sekian.

Bagikan

Lebih lama 5 Jenis Tanaman Obat Untuk Menurunkan Kolesterol

Lebih baru Manfaat Jafra Royal Jelly untuk Kecantikan Wanita

Terkait

Latest