ALWIB.NET

10 Jenis Tanaman Obat Untuk Mengatasi Batu Ginjal

Bagikan

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi manusia.  Itu karena ginjal yang berbentuk kacang ini berfungsi untuk ekskresi. Selain itu ginjal memiliki fungsi untuk menyaring kotoran (khususnya urea) dari darah. Lalu membuangnya bersama dengan air berbentuk urin. Nefrologi adalah cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal beserta penyakitnya.

Manusia mempunyai sepasang ginjal yang terdapat di belakang perut atau abdomen. Ginjal ini terdapat di kanan serta kiri tulang belakang, di bagian bawah hati serta limpa. Di atas ginjal ada kelenjar adrenal (suprarenal).

Selain itu ginjal juga memiliki fungsi homeostasis. Dalam fungsi tersebut ginjal konsentrasi ion mineral, mengatur pH, dan komposisi air dalam darah.

Penyakit pada Ginjal dan Batu Ginjal

Sebagaimana organ pada tubuh lainnya, ginjal juga bisa mengalami kelainan atau penyakit. Untuk memeriksa penyakit pada ginjal bisa dengan dilakukan di laboratorium klinik.  

Ada banyak sekali jenis kelainan yang bisa terdapat pada ginjal. Kurang lebih ada sekitar 20-an penyakit ginjal, baik bawaan atau yang didapat. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah batu ginjal, asidosis tubulus renalis, ginjal sepatu kuda, tumor ginjal, dan gagal ginjal

Batu ginjal merupakan batu urine yang ada pada ginjal. Umumnya terdapat pada kandung kencing. Penyebab utama terbentuknya batu ginjal adalah karena urine mengandung kebanyakan garam atau karena garam yang tidak larut. Batu Ginjal akan memiliki gejala sebagai berikut:

1. Mual dan muntah, sering mengeluh sakit di pinggang disertai demam tinggi.
2. Merasa sakit dan nyeri pada waktu kencing,
3. Kadang-kadang kencing disertai darah.
4. Kaki dan mata mengalami pembengkakan, perubahan warna struktur urine.
5. Nafsu makan berkurang dan berat badan turun.
6. Sering terbangun ketika tidur karena ingin kencing.
7. Kadang-kadang mengalami sesak nafas, sehingga sering merasa lelah dan lemas.
8. Pembengkakan pada pergelangan tangan dan kaki.

Tanaman Obat

Tanaman obat adalah tanaman yang secara empiris maupun ilmiah telah terbukti dapat mencegah serta mengobati penyakit. Sekurang-kurangnya ada 12 ribu senyawa yang telah diidentifikasi dari beragam tumbuhan obat di dunia.  

Pemakaian tumbuhan sebagai obat sudah ada mulai sejak jaman prasejarah manusia. Pada tahun 2001, beberapa peneliti sudah mengidentifikasi kalau 122 senyawa yang dipakai dalam dunia medis moderen merupakan turunan dari senyawa tumbuhan yang telah dipakai mulai sejak jaman prasejarah.

Demikian banyak obat-obatan yang ada sekarang ini adalah turunan dari penyembuhan herbal, seperti aspirin yang terbuat dari kayu pohon dedalu, juga quinine, digitalis, serta opium.

Di tahun 2011, keseluruhan tumbuhan obat yang diperdagangkan di semua dunia meraih nilai lebih dari 2,2 miliar USD. Di Indonesia sendiri pemakaian tanaman sebagai obat-obatan juga sudah berjalan beberapa ribu tahun yang lalu.

Tanaman Obat Batu Ginjal

  • Buah mengkudu: Buah mengkudu terkenal memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit. Kandungan yang ada pada buah ini dapat mengobati tekanan darah, radang ginjal, peluruh kencing dan gula darah.
  • Daun Kemangi: Daun kemangi dapat dijus dan dicampur dengan madu untuk mengobati batu ginjal. Menurut sumber kami*, jika ramuan ini diminum selama 6 bulan akan bisa mengobati batu ginjal.
  • Jus Lemon dengan Minyak Zaitun: Memang agak aneh pencampuran antara jus lemon dan minyak zaitun. Tetapi kandungan yang ada di ramuan ini dipercaya dapat menghancurkan batu ginjal dengan cepat.
  • Daun Seledri: Zat yang terkandung dalam seledri dapat menghancurkan penghambat-penghambat ekskresi yang ada pada kandung kemih. Tanaman obat ini dapat dimakan langsung atau dijus.
  • Akar Dandelion: Akar dandelion dapat menggerogoti batu ginjal dan memecahnya menjadi partikel yang lebih kecil. Lalu artikel tersebut akan terbuang bersama urine melalui sistem ekskresi.
  • Daun Keji Beling: Daun keji beling adalah salah satu daun yang banyak kita temukan di masyarakat kita. Daun keji beling memiliki zat yang dapat menghancurkan mineral seperti kalium menjadi partikel yang lebih kecil. Tentu hal itu dapat membanru menghancurkan batu ginjal.
  • Daun Tempuyung: Berbeda dengan tanaman obat lainnya, daun tempuyung memang khusus digunakan untuk pengobatan batu ginjal. Daun ini memiliki kemampuan untuk melarutkan kalsium oksalat, kolesterol jahat, dan asam urat ginjal yang menjadi sebab terbentuknya batu ginjal. Mengkonsumsi daun tempuyung ini bisa dengan cara merebusnya hingga 15 menit, lalu meminum air rebusan tersebut.
  • Kacang Merah: Meskipun bukan tananman herbal (rempah-rempah), tetapi ternyata kacang merah dapat menyembuhkan batu ginjal. Kacang merah juga dapat menjaga kesehatan kandung kemih.
  • Delima: Benih, daun, dan buah delima itu sendiri dapat berkontribusi dalam menghancurkan batu ginjal. Cara menggunakannya adalah dengan mengonsumsi jus delima setiap pagi selama seminggu dengan perut kosong.
  • Tapak Liman: Tanaman yang pahit dan pedas ini memiliki sifat astrigen. Tapak liman memiliki manafaat untuk mengobati batu ginjal. Selain batu ginjal tanaman obat ini juga berfungsi untuk meluruhkan kencing, meredakan demam, menghilangkan bengkak, anti radang, antibiotik dan penawar racun.

Bagikan

Lebih lama 15 Manfaat Asam Sitrat Dalam Kehidupan Sehari-hari

Lebih baru Tanaman Obat Untuk Penyakit Kanker Payudara

Terkait

Latest