ALWIB.NET

Jenis-jenis AC Berdasarkan Penggunaannya

Bagikan

Penyejuk udara atau air conditioner (AC) merupakan mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area. Penggunaan pendingin udara sudah digunakan sejak jaman Romawi Kuno dan Persia di abad pertengahan.

Pendingin udara modern berkembang dari kemajuan ilmu kimia di abad 19. Pendingin udara skala besar yang menggunakan listrik pertama kali digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier.

Pendingin udara banyak digunakan di kantor-kantor dan rumah tinggal di daerah tropis. Pendingin udara atau AC sangat menunjang untuk kenyamanan dalam bekerja di kantor dan istirahat di rumah.

Sekarang ini dipasaran banyak beredar jenis-jenis AC sesuai penggunaannya. Dalam artikel ini kami akan membahas beberapa jenis AC yang sering digunakan.

AC Window

AC window berbentuk kotak dan tidak memerlukan remote control untuk pengoperasiannya. Semua tombol sudah terintegrasi dengan AC ini. AC window sudah lama ditinggalkan dan tidak diproduksi lagi.

Salah satu kelemahan jenis AC ini yaitu tidak adanya istilah outdoor dan indoor AC. Jadi AC Window hanya terdiri dari satu unit saja. Kapasitas AC window berkisar antara 0.5 pk s/d 2.5 pk.

AC Standing Floor

AC ini banyak digunakan di acara hajatan, acara kantor, acara ulang tahun maupun acara lainnya. AC Standing Floor indoor sangat mudah dipindahkan. Karena kepraktisannya AC Standing Floor ini banyak digunakan di acara-acara yang mengundang banyak orang.

AC Standing Floor bisa dioperasikan menggunakan remote control. Terdapat jenis indoor dan outdoor, jadi AC ini bisa juga digunakan untuk acara luar ruangan. Kapasitas AC Standing Floor mulai dari 2pk s/d 5 pk.

BACA  Obat Alami Kolesterol Menggunakan Air Minum

AC Split Duct

Jenis AC ini banyak digunakan di mall atau gedung perkantoran yang besar. AC Split Duct tidak mempunyai pengatur suhu sendiri, tetapi ada control di satu titik. Pendistribusian hawa dingin pada AC jenis ini menggunakan Sistem Ducting.

Sistem Ducting sangat berperan penting dalam pengoperasian AC Split Duct ini. Kelebihan AC jenis ini diantaranya tidak menimbulkan suara bising didalam ruangan dan keindahan ruangan tetap terjaga dengan baik.

Pemasangan AC Split Duct memerlukan usaha yang lebih dan harus dipasang oleh orang yang benar-benar sudah terlatih. AC Split Duct juga memerlukan perhatian yang lebih, biaya operasi dan pemeliharaannya lumayan tinggi.

AC VRV

AC VRV dinilai lebih handal ketimbang AC lain seperti AC Split, AC Split Duct maupun AC Sentral. Dengan VRV System, AC jenis ini cukup menggunakan satu outdoor sudah bisa digunakan untuk lebih dari 2 indoor AC.

AC Split Wall

AC jenis ini yang paling banyak dan paling umum digunakan di rumah, instansi, maupun kantor. Pemasangan dan perawatan AC Split Wall tergolong lebih mudah.

AC Split Wall terbagi kedalam dua bagian, AC indoor dan AC outdoor. Bagian indoor akan mengeluarkan hawa dingin sedangkan bagian outdoor merupakan mesinnya. Bagian outdoor biasanya dipasang diluar ruangan karena mengeluarkan hawa panas dan suara yang bising.

Salahsatu kelebihan AC Split Wall yaitu bisa dipasang di ruangan tengah yang tidak berhubungan sama sekali dengan udara luar, karena kondensor bisa diletakkan di tempat lain yang berhubungan dengan udara luar.

AC Sentral

AC sentral banyak digunakan di mall dan hotel-hotel. Dengan menggunakan AC jenis ini, udara dalam ruangan akan didinginkan dalam cooling plant di luar ruangan kemudian dialirkan kembali ke dalam ruangan tersebut.

BACA  7 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Saat Memesan Hotel

Bagikan

Lebih lama Tanaman Obat Sakit Pinggang Alami Paling Ampuh

Lebih baru Kelinci Anggora, Kelinci Hias Penghasil Wool

Latest