ALWIB.NET

12 Fakta tentang Alligator, Spesies Langka yang Selamat dari Kepunahan

Bagikan

Alligator termasuk anggota dari keluarga buaya yaitu dari ordo Crocodilia. Alligator dan buaya sudah ada sejak zaman reptil, berarti keduanya sudah bertahan hidup selama 200 juta tahun. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang alligator yang mungkin kamu belum tahu.

#1 Alligator hanya ada di 2 negara
alligator china
alligatoradventure.com

Habitat asli alligator bisa ditemukan di China dan Amerika Serikat. Tapi alligator di China sudah hampir punah dan habitatnya hanya ada di lembah Sungai Yangtze. Di Amerika, alligator ditemukan di daratan basah mulai dari Carolina sampai ke Kansas dan dari utara sampai ke Arkansas.

#2 Usianya bisa sampai 50 tahun
old alligator
wildrepublic.com

Alligator memiliki rentang hidup sekitar 30 tahun jika hidup di alam liar dan sampai 50 tahun di penangkaran. Alligator termasuk hewan yang berdarah dingin yang artinya mereka tidak membuat panas tubuh mereka sendiri. Alligator mendapatkan panas tubuh dengan berjemur.

#3 Salah satu reptil terbesar di dunia
alligator terbesar di dunia
static.independent.co.uk

Alligator jantan dewasa panjangnya bisa mencapai 14 kaki dan berat sekitar 1000 pound. Alligator terbesar yang pernah tercatat di Amerika Serikat di temukan di Louisiana dengan panjang 19 kaki 2 inci dan berat 2000 pon.

BACA  Cara Merawat dan Memelihara Kelinci Hias Dengan Baik dan Benar

#4 Alligator memiliki ekor yang kuat dan panjang
alligator memiliki ekor yang panjang
floridanature.org

Alligator memiliki badan yang besar, agak bulat dengan kepala yang luas dan anggota badan yang tebal. Alligator memiliki ekor yang sangat kuat yang digunakan untuk bergerak di air. Ekornya menyumbang setengah dari total panjangnya.

#5 Bergerak sangat cepat
alligator bergerak dengan cepat
http://kids.nationalgeographic.com/

Alligator bergerak sangat cepat di dalam air, tetapi mereka bergerak lambat di daratan. Alligator bisa melakukan perjalanan dengan kecepatan mencapai 35 mil per jam untuk jarak yang sangat pendek.

#6 Reptil yang cukup buas
alligator buas
dailymail.co.uk

Alligator akan memakan apa saja yang ada di hadapannya, termasuk binatang kecil seperti siput, ikan dan kura-kura. Binatang kecil yang datang ke tepian sungai untuk minum akan dengan mudah di mangsa alligator. Alligator yang masih kecil biasanya memakan serangga, siput dan ikan.

#7 Kawin saat musim semi
alligator kawin setiap musim semi
dailymail.co.uk

Alligator biasanya kawin di musim semi ketika air hangat. Mereka sudah bisa kawin ketika berusia 8 sampai 13 tahun. Alligator jantan akan memikat perhatian yang betina. Kemudian alligator betina akan membuat sarangnya dengan lumpur, ranting dan dedaunan di tempat yang cukup terlindungi dekat tepian air. Alligator betina meletakkan 20 sampai 50 telurnya di sarang tersebut.

#8 Jenis kelaminnya dipengaruhi oleh suhu saat pengeraman
alligator bertelur
wikimedia.org

Tingkat suhu panas dari sarang alligator akan menentukan jenis kelamin bayinya. Jika telur diinkubasi selama 65 hari di suhu lebih dari 93 derajat fahrenheit, telur-telurnya akan menjadi pejantan. Jika telur di inkubasi selama 65 hari pada suhu di bawah 86 derajat, kemungkinan telur-telurnya akan menjadi alligator betina.

#9 Alligator kecil akan di awasi betinanya
alligator kecil
wikimedia.org

Ketika bayi alligator sudah mulai mengeluarkan suara bising, si betina akan menggali mereka keluar dari sarang. Bayi alligator lahir dengan serangkaian gelang kuning di sekitar tubuh mereka. Tak lama setelah lahir, mereka akan menemukan jalannya sendiri menuju air. Alligator betina akan mengawasi anak mereka sampai lebih dari setahun. Alligator dianggap sudah dewasa ketika panjangnya sudah mencapai 6 kaki.

BACA  Budidaya Semut Jepang, Persiapan dan Langkah-Langkah

#10 Reptil yang terancam punah
alligator selamat dari kepunahan
imediaethics.org

Pada tahun 1967 aligator terdaftar sebagai spesies reptil yang terancam punah. Tetapi berkat usaha gabungan dari US Fish dan Wildlife Service berhasil menyelamatkan ikan aligator dari ancaman kepunahan.

#11 Alligator berbeda dengan buaya
alligator vs buaya
http://buzzhootroar.com/

Orang lebih terbiasa menyebut alligator dan crocodile dengan sebutan buaya, padahal alligator dan buaya memilki beberapa perbedaan. Alligator berukuran lebih besar daripada buaya, sehingga tak heran kalau buaya lebih gesit dalam bergerak. Bentuk moncong alligator berbentuk menyerupai huruf U, sedangkan moncong buaya berbentuk huruf V.

#12 Alligator memiliki kekuatan gigi terkuat ketiga dari dunia hewan
alligator memiliki gigi yang kuat
hdwallpaperscool.com

Alligator memiliki rahang yang sangat kuat dengan jumlah 75 gigi. Dengan kekuatan rahangnya itu, alligator bisa melumpuhkan mangsa yang beratnya lebih dari 900 kg dengan mudah. Kekuatan gigi dari alligator mencapai 2125 PSI.

Bagikan

Lebih lama 7 Manfaat Tanaman Hias Bunga Tasbih Untuk Kesehatan Tubuh

Lebih baru 20 Gunung Tertinggi di Benua Afrika

Terkait

Latest