ALWIB.NET

Cara Menggunakan Mikroskop Dengan Baik dan Benar

Bagikan

Kata mikroskop berasal dari kata Yunani yaitu micros yang artinya kecil dan scopein yang artinya melihat. Mikroskop biasa digunakan oleh para laboran untuk mengamati objek kecil (mikroskopis) yang tidak bisa dilihat secara kasat mata.

Ada banyak jenis-jenis mikroskop yang bisa kita temukan, tapi yang paling umum digunakan yaitu mikroskop jenis optik. Mikroskop optik terdiri dari satu (monokuler) atau lebih lensa yang bisa memperbesar sebuah benda yang diletakan di bidang fokal dari lensa tersebut.

Secara umum, struktur penyusun mikroskop ada dua yaitu bagian optik dan bagian non optik. Bagian optik terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler. Sedangkan bagian non optik terdiri dari lengan mikroskop, kaki mikroskop, diafragma, pemutar halus dan kasar, meja preparat, kondensor, penjepit kaca objek, cermin dan sumber cahaya.

Persiapan Menggunakan Mikroskop

Sebelum memulai menggunakan mikroskop, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, diantaranya yaitu:

  1. Bawalah mikroskop dengan hati-hati dan pegang dengan cara yang benar. Gunakan satu tangan untuk memegang bagian lengan mikroskop dan tangan yang lainnya untuk menyangga bagian bawah mikroskop. Tempatkan mikroskop pada tempat yang datar.
  2. Cari posisi duduk yang nyaman dan cukuk sinar matahari, terutama jika kamu menggunakan mikroskop cahaya. Pastikan posisi lensa okuler bersebarangan dengan tubuh kamu.
  3. Siapkan preparat atau objek kecil yang akan diamati. Sebelum meletakan preparat, kamu bisa menggunakan tombol pengatur kasar untuk mengatur posisi meja preparat.

Persiapan Preparat Mikroskop

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan preparat atau objek mikroskopi yang akan diamati, diantaranya yaitu:

  1. Bersihkan tangan dengan air bersih sebelum memegang preparat
  2. Sediakan kain tak berserat untuk membersihkan dan memegang preparat
  3. Sebagai awalan, kamu bisa membeli preparat yang sudah jadi di toko-toko laboratorium atau menggunakan preparat bawaan dari mikroskop yang kamu punya.

BACA  Kumpulan Contoh Geguritan Bahasa Jawa Dengan Berbagai Tema

Tahapan Menggunakan Mikroskop Dengan Benar

Setelah menyiapkan mikroskop dan objek kecil yang akan diamati, sekarang kamu sudah bisa memulai menggunakan mikroskop. Biasakan untuk membaca panduan penggunaan mikroskop sebelum memulai pengamatan.

Di bawah ini kami sampaikan tahapan secara umum cara menggunakan mikroskop dengan baik dan benar.

  1. Atur posisi mikroskop dan cermin mikroskop bagian bawah sampai ada cahaya yang memantul melewati diafragma dan terlihat dari lensa okuler. Kamu bisa menyesuaikan posisi cermin dengan kondisi mata sendiri, karena titik fokus mata setiap orang itu berbeda-beda.
  2. Letakkan preparat atau objek kecil yang akan diamati dengan baik pada meja dan tepat pada bagian lubang preparat, dan pastikan sudah tertahan dengan penjepit objek. Sebaiknya kamu hanya memegang atau menyentuh ujung preparat supaya tidak meninggalkan sidik jari pada preparat.
  3. Untuk mendapatkan pembesaran yang optimal kamu bisa menggunakan pemutar kasar sembari melihat dari lensa okuler. Kemudian untuk memperoleh hasil pengamatan yang lebih tajam, kamu bisa mencoba menggunakan pemutar halus.
  4. Lensa objektif dengan kekuatan rendah memungkinkan kamu untuk perlahan-lahan memfokuskan preparat yang sedang diamati. Jika bayangan objek sudah ditemukan, gantilah lensa objektif dengan ukuran yang lebih besar untuk mendapatkan hasil pengamatan yang lebih optimal. Kamu bisa menggunakan lensa objektif dengan ukuran dari 10x, 40x, atau bahkan 100x. Letakkan lensa objektif, lalu putarlah revolver sampai terdengan bunyi klik.
  5. Jika diperlukan, kamu bisa menggeser-geser preparat yang sebelumnya sudah diletakan di tengah meja objek.
  6. Untuk mengurangi cahaya yang masuk, kamu bisa mengatur diafragma yang terletak di bawah meja objek. Dengan mengurangi jumlah cahaya yang masuk, kamu mungkin bisa melihat preparat dengan lebih jelas dan tidak pucat.
  7. Jika proses pengamatan sudah selesai, kendurkan kembali pemutar kasar. Ulangi langkah-langkah di atas untuk memulai proses pengamatan yang baru.

BACA  Jenis-jenis AC Berdasarkan Penggunaannya

Setelah menggunakan mikroskop, simpan kembali mikroskop di dalam rak penyimpanan. Perhatikan cara memegang yang benar ketika sedang membawa mikroskop. Satu hal yang juga perlu diperhatikan yaitu tidak boleh menyentuh lensa mikroskop dengan jari. Jika kamu ingin membersihkan lensa, gunakan larutan yang dianjurkan dan kain tak berserat.

Bagikan

Lebih lama Cara Mudah Budidaya Jamur Cordyceps Sinensis

Lebih baru 99 Asmaul Husna Beserta Arti, Manfaat dan Cara Mengamalkannya

Terkait

Latest