ALWIB.NET

Belajar Matematika itu Mudah dan Menyenangkan

Bagikan

Matematika? Oh no, rasanya aku ingin menghapus mata pelajaran itu dari dunia ini.

Sebagian besar pelajar sepertinya setuju dengan kalimat di atas. Lalu bagaimana denganmu? Merasakan hal yang sama juga?

Matematika sering dianggap pelajaran yang susah dan menyeramkan, padahal matematika itu bisa menjadi sangat menyenangkan jika kita tau caranya. Sampai saat ini, saya selalu merasa mengerjakan matematika seperti bermain puzzle. Kok bisa? Berikut ini adalah tips dan triknya cara mudah dalam belajar matematika.

#1 Cintai Matematika
cintai matematika
www.docsity.com

Kamu pernah jatuh cinta? Ketika kamu jatuh cinta tentunya kamu sangat suka mencari tau segala sesuatu tentang dia, kamu selalu merasa ingin dekat dengannya. Hayooo ngaku.. Begitupun matematika, ketika kita bisa mencintai matematika, kita pasti merasa senang ketika bertemu dengannya di sekolah, selalu ingin mengerjakan tantangan darinya, dan tak bisa melewatkan sehari tanpa dia (baca: matematika).

Tentunya kamu pasti akan menyanggah, bagaimana aku bisa mencintainya, kalau bertemu dengannya saja selalu membuatku jengkel, membuatku kesal dan ingin muntah?

Eits, jangan salah, di dunia ini seringkali terjadi kasus “benci jadi cinta”, kalo ke doi aja bisa, kenapa matematika enggak? Ketika kamu membenci matematika, cobalah untuk mendalaminya, dan yang terpenting, buang jauh–jauh bisikan halus yang mengatakan kamu tak suka matematika.

Meskipun kamu belum mencintai matematika, tanamkan selalu di benakmu “aku bisa menaklukkan matematika, matematika itu mudah kok, aku suka matematika” atau pikiran–pikiran positif lainnya. Ingat, pikiran sangat mempengaruhi tindakan kita selanjutnya. So, mulai dari sekarang, ubah pikiran negatifmu tentang matematika.

BACA  Mengenal Jenis-jenis Tanah, Ciri-ciri, Gambar dan Pemanfaatannya

#2 Pahami konsep dasarnya
pahami konsep dasar matematika
2010grade11appliedmath.blogspot.com

Akhir–akhir ini marak sekali penawaran penggunaan rumus cepat untuk pengerjaan soal–soal matematika. Sekilas seolah membuatmu lebih paham dan lebih mudah mengerjakan, tapi sebenarnya itu hanya terjadi jika kamu memahami konsep dasarnya. Jika tidak, rumus cepat hanya akan menipumu. Kamu bisa mengerjakan soal tipe tersebut, tapi ketika mendapat soal tipe lain, kamu mulai bingung lagi mulai dari mana untuk mengerjakannya.

Matematika bukan tentang menghafal rumus, tapi matematika adalah tentang cara berfikir. Ketika kamu menghafal rumus, maka hafalan rumus itu tak akan bertahan lama di otak kita. Jauh lebih penting jika kita memahami konsep dasarnya, dan kemudian kita menganalisisnya.

Sebagai contoh, volume prisma adalah luas alas dikali dengan tinggi. Dari sana kita tak perlu menghapal volume tabung, kubus, balok. Karena tabung, kubus, balok merupakan salah satu bentuk dari prisma. Tabung adalah prisma yang memiliki alas berbentuk lingkaran, sehingga volume tabung adalah luas lingkaran dikali tinggi, atau πr^2×t. Sama halnya dengan kubus, dan balok.

#3 Rajin mengerjakan latihan soal
rajin latihan soal matematika
teachinginroom6.blogspot.com

Salah satu kunci keberhasilan untuk bisa mengerjakan matematika adalah membiasakan diri dengan soal–soal matematika. Mulailah untuk mengerjakan dari soal yang mudah terlebih dahulu, lalu perlahan beranjak untuk mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih secara bertahap.

Biasakan meluangkan waktumu untuk mengerjakan soal matematika setiap harinya. Ketika ada soal yang tidak bisa kamu kerjakan, cobalah untuk bertanya ke teman yang lebih mengerti di sekolah, atau kepada guru.
Dengan mengerjakan latihan soal, kamu akan familiar dengan rumus -rumus yang sering keluar secara otomatis. Mengerjakan latihan soal juga melatih pola pikir kita.

BACA  20 Suku Pedalaman Paling Terasing yang Jauh dari Peradaban Modern

#4 Cari kegunaan dari setiap babnya
kegunaan matematika
cx.aos.ask.com

Apakah kamu salah satu dari sekian banyak orang yang bertanya “Ngapain sih susah–susah ngerjain integral? Gak akan dipake di kehidupan sehari– hari ini”.

Pertanyaan seperti di atas jika tidak segera kamu cari jawabannya, kamu akan perlahan menganggap matematika tidak penting untuk dipelajari dan mengabaikannya, jadi segera cari tau. Caranya? Kamu bisa browsing, atau bertanya ke gurumu. Dengan mengetahui manfaatnya, kamu lebih termotivasi untuk memperdalam matematika.

#5 Jangan menyerah dan perbanyak berdoa
rajin berdoa
jabarmerdeka.co

Masih belum bisa mengerjakan soal matematika? Jangan menyerah! Pelajari secara perlahan dan rutin. Tidak perlu terburu–buru untuk segera paham dan bisa. Dan yang terpenting perbanyak berdoa, karena Allah adalah ahli matematika, bukan hal yang susah bagi-Nya untuk memberikanmu pemahaman lebih tentang matematika.

Okey, selamat berjuang, Ganbatte Kudasai!! I LOVE MATH.

Bagikan

Lebih lama Rihlah ke Curug Tilu Leuwi Opat

Lebih baru Kumpulan Contoh Geguritan Bahasa Jawa Dengan Berbagai Tema

Terkait

Latest