ALWIB.NET

Mengenal Alat Musik Kecapi Asal Sunda Jawa Barat

Bagikan

Alat musik kecapi berasal dari negara China dengan nama Guzheng. Alat musik ini sampai ke masyarakat Indonesia tepatnya ke tanah sunda.

Kecapi sunda biasa dimainkan sebagai alat musik utama dalam tembang – tembang sunda, mamaos cianjuran dan kecapi suling. Umumnya kecapi sunda dipakai untuk mengiringi lagu – lagu yang lembut dan mendayu.

#1 Bentuk Kecapi
kecapi perahu dan kecapi siter
wikimedia.org

Berdasarkan bentuknya, kecapi ada dua macam yaitu Kecapi Parahu dan Kecapi Siter. Kecapi perahu memiliki bentuk yang menyerupai perahu. Terdapat lubang dibawahnya sebagai resonator yang memungkinkan suara keluar.

Sisi-sisi kecapi disambung dengan menggunakan lem. Sedangkan pada jaman dahulu, kecapi dibuat langsung dari bongkahan kayu yang di pahat.

Kecapi siter memiliki bentuk yang lebih ramping yakni berbentuk bidang rata yang sejajar. Sisi bagian atas dan bawahnya dibentuk mengikuti bangun trapesium. Sama seperti kecapi perahu, kecapi siter juga mempunyai lubang resonator di bawahnya.

Keduanya menggunakan dawai yang diikatkan pada sekrup kecil di bagian kanan kotak. Sekrup – sekrup ini berfungsi sebagai kontrol, mereka bisa diatur ke berbagai sistem, baik itu pelog, salendro atau madenda.

#2 Cara Membuat Kecapi
cara membuat kecapi
alampedia.blogspot.com

Bahan baku pembuatan kecapi yaitu kayu kenanga dan kayu ini cukup jarang ditemukan. Kayu kenanga direndam terlebih dahulu selama kurang lebih tiga bulan sebelum digunakan.

Potongan-potongan kayu yang telah di ukur disambung dengan menggunakan lem. Untuk senarnya bisa menggunakan kawat baja.

Jaman dulu kecapi dibuat dengan menggunakan senar dari kawat kuasa yakni logam campuran dari emas dan tembaga. Tapi harganya sekarang pasti mahal, jadi cukup menggunakan kawat baja saja.

BACA  Gamelan, Alat Musik Tradisional Asli Indonesia

#3 Cara Memainkan Kecapi
cara memainkan kecapi siter
http://catskillgamelan.org/

Berdasarkan fungsinya dalam mengiringi musik, kecapi terbagi dua yaitu Kecapi Indung dan Kecapi Rincik. Kecapi indung digunakan untuk memimpin musik dengan cara memberikan intro, bridges, interlude dan menentukan tempo. Kecapi indung berukuran besar dan menggunakan 18 atau 20 dawai.

Kecapi Rincik berukuran lebih kecil dengan jumlah dawai sampai 15. Kecapi rincik digunakan sebagai pengiring musik pada lagu-lagu yang bermetrum tetap seperti dalam Sekar Panambih atau Kecapi Suling.

Alat musik kecapi dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi menggunakan notasi degung dengan lima tangga nada (pentatonis) yaitu Da, Mi, Na, Ti, La.

Pada saat memainkan kecapi, posisikan tubuh dan jari tangan dengan baik. Terdapat tiga teknik dalam memetik alat musik kecapi, yakni teknik petikan dijambret, teknik sintreuk toel dan teknik petikan dijeungkalan.

Asal usul nama petikan dijambret terilhami dari perbuatan seseorang saat akan menjambret sesuatu. Posisi tubuh dan gerakan jari mirip dengan posisi saat akan menjambret yaitu gerakan jari–jari dalam membunyikan tiga buah nada dilakukan secara bersamaan.

Teknik petikan menjambret biasa digunakan untuk mengiringi lagu sunda berirama mars yang memiliki intonasi nada cukup cepat.

Teknik petikan sintreuk toel dilakukan dengan cara memetik menggunakan telunjuk kanan dan 2 buah telunjuk kiri. Posisi telunjuk tangan kanan melipat ke dalam dan ujung kukunya menyentuh senar dengan cara menjentik. Posisi telunjuk tangan kiri agak melengkung ke bawah dan ujung kukunya menyentuh senar.

Teknik petikan dijeungkalan hampir sama dengan teknik petikan dijambret. Posisi tangan kanan sebagai penyaji iringan musik dan tangan kiri sebagai penyaji suara bass.

Memainkan alat musik kecapi butuh keterampilan khusus dan harus sering berlatih. Belajarlah kepada para seniman yang sudah mahir supaya anda bisa menjadi penerus. Jangan sampai kecapi sunda punah atau diklaim bangsa lain.

BACA  20+ Desain Tas Unik dan Kreatif

#5 Kecapi Suling
kecapi suling sunda
wikimedia.org

Kecapi Suling juga merupakan kesenian tanah sunda yang terdiri dari alat musik kecapi dan suling bambu. Kedua jenis alat musik ini jika dipadukan akan menghasilkan nada – nada yang sangat merdu sekali.

Akhir–akhir ini kecapi suling banyak digemari oleh kaum muda, buktinya banyak bermunculan grup – grup musik yang menggunakan kecapi suling.

Coba simak deh penampilan kecapi suling berikut ini,

Bagikan

Lebih lama 6 Cara Membuat Perangkap Tikus Sederhana Tanpa Harus Membunuhnya

Lebih baru Cara Membuat Kandang Kelinci Sederhana yang Baik dan Sehat

Terkait

Latest